Jenis-Jenis Brokat


Saat ini, berkebaya merupakan sesuatu yang lumrah dalam masyarakat kita. Kebaya tidak hanya identik digunakan pada orang - orang tua, tetapi kini juga sering dipakai oleh orang-orang dari generasi yang lebih muda. Kebaya saat ini sudah bertransformasi dari yang dinilai ribet, tidak praktis, kuno menjadi sesuatu yang etnik, unik, elegant dan menarik apalagi dengan hadirnya motif-motif brokat yang cantik dan semakin menjadi cantik jika sudah dimodifikasi menjadi kebaya trendy. Apa aja sih brokat yang sering dijadikan sebagai bekal kebaya? Yuk kita intip: 


 1. Brokat Semiprancis 
Brokat ini lagi "naik daun" menjadi produk yang paling diminati para pecinta kebaya. Betapa tidak, semiprancis yang dijual di Indonesia (dan kebanyakan memang produk lokal) sudah dijual dalam bentuk panel / potongan pabrik. Rata-rata ukurannya adalah 250x135cm harga bervariasi dari 100-200rb. Ada juga yang ukurannya 300x150cm, dan kebanyakan adalah produk export. Tekstur kainnya halus, tidak ngaret dan tidak terlalu timbul.

Semi Prancis Gold-Skin 300x150cm

Perlu dipahami sebagai konsumen bahwa semiprancis yang beredar di pasaran (baik di toko maupun online) kadangkala adalah grade B (riject manis) karena itu harganya murah, sekitar 100-140rb. Padahal, semiprancis grade A harga pabrik pun sudah mencapai angka tersebut, di mana minimal pemesanannya adalah sekitar 1000 panel. So, hati-hati buat kalian yang sering belanja semiprancis, pastikan bahwa yang kalian beli adalah produk bagus tanpa cacat. Beruntung jika dapat harga murah tapi barangnya bagus bingitsss... bisa jadi itu grade B yang sudah disortir he he he... 



 2. Brokat Prada/ Chemical


Brokat ini bisa jadi brokat yang mahal.. sebenarnya yang kalian sering temuin di toko-toko adalah semi-prada atau semi-chemical, karena memang yang asli pastinya mahal banget. 
Tapi, ga usah kecewa.. semi-prada yang dijual di kebanyakan toko di sini juga udah bagus koq. Kain prada /chemical teksturnya sangat timbul, tidak melar, berat.. 
Kain prada ini lebih berat dibanding brokat lain, dan rata-rata beratnya mencapai 500gram per meternya. So, ga heran kan kalau harganya lebih mahal dari brokat jenis lainnya. Mulai dari 1 tone, 2 tone, 3 tone, brokat prada sangat cantik dijadikan kebaya modif. Untuk harga, pasarannya adalah mulai 120rb/meter dengan lebar 1,4 meter. 



Selain itu, pastikan bahwa jenis kainnya kilap atau tidak.
Kain yang kilap harganya akan lebih mahal dari kain yang tidak kilap (doff).

Selain prada/chemical, ada juga kain jenis tile chemical/prada. Yang membedakan adalah tilenya. Pada tile chemical, ada kain tile yang msih menjadi dasar rajutan motif, sedangkan pada chemical, tidak ada lagi kain tile / kain jaringnya.





3. Brokat Cornelly

Brokat Cornelly merupakan jenis brokat dengan tile yang juga sangat cantik jika dijadikan kebaya. Teksturnya timbul dan yang membedakan dengan brokat lainnya adalah adanya benang timbul dipinggiran motif kainnya. Benang itulah yang disebut cord /cornelly, sehingga namanya adalah brokat cornelly. Untuk harga, brokat cornelly paling murah ada yang 50rb/meter, tetapi bahannya bisa jadi kasar dan tilenya tidak nyaman dipakai (tile adalah kain jaring / bolong kecil2). Untuk cornelly yang bagus harganya sekitar 90rb / meter, di mana kainnya berat, bordirannya rapat2 dan kecil2.. dan lebih penting lagi, kainnya nyaman saat dipakai.. (^__^)

Brokat Cornelly Red

 4. Brokat Jacquardtronic

Brokat jacquardtronic merupakan jenis brokat seperti brokat pada renda. Untuk jenis yang digunakan sebagai kain kebaya, tekstur jacquardtronic tidak jauh berbeda dengan semiprancis. Terkadang, kainnya lebih halus dan lebih tebal dibandingkan semiprancis. Lebarnya bervariasi, mulai dari lebar 1.1 meter - 1.4 meter. Pada umumnya, jenis brokat ini dijual dalam bentuk yard / meter (1 yard = sekitar 0.92 meter)
Jacquardtronic Off-White (Putih Bersih)
5. Brokat supertronic
Brokat supertronic merupakan jenis brokat yang stretch atau melar. Motifnya timbul dan kainnya sangat nyaman digunakan (adem, halus).
Brokat jenis ini ada juga versi KWnya loh... ciri-cirinya yaitu tidak melar dan tidak terlalu timbul (kalaupun dipegang agak kasar).
Brokat jenis ini banyak ditemukan pada kebaya Bali, dengan nama pasarnya : brokat sofia dan brokat rang-rang



6. Brokat Lainnya

Masih banyak jenis brokat lainnya yang tentunya juga familiar di Indonesia, seperti brokat biasa yang harganya 18-30rb/meter (tentu kualitasnya jauh sesuai dengan harganya he .. he... ) dan ada juga brokat cord yang harganya berkisar di 40-60rb.Intinya, berpakaian sesuai budget kita, yang penting bajunya terlihat elegant dan tidak berlebihan... lebih penting lagi nyaman kita pakai dan nyaman dilihat orang ... he he




Untuk para wanita yang ingin memilih bahan kebaya berkualitas bagus dengan harga terjangkau, silahkan kunjungi :

FB Page Brokat Sangkara












No comments:

Post a Comment