Persiapan Pernikahan

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk acara pernikahan?
Sangat banyak dan yang terpenting adalah mental. Untuk kalian yang ingin melangsungkan acara  ada baiknya menyimak hal-hal berikut:

1. Mental, bukan usia atau materi

Seringkali orang terjebak pada yang namanya usia untuk menikah sehingga terdorong untuk segera menikah, meskipun kadang masih banyak pertimbangan di dalam hatinya. Usia memang penting untuk dijadikan pertimbangan karena mengacu pada kesuburan terutama pada wanita. Tetapi, hendaknya mental yang lebih siap untuk mengambil keputusan menikah, karena menikah berarti siap seumur hidup untuk membangun rumah tangga bersama: kesamaan visi, perasaan saling mencintai, kesiapan menerima kekurangan dan kelebihan pasangan serta kesetiaan dalam segala hal (suka duka).

2. Materi
Bukan karena mata duitan atau matre, tetapi memang adalah sebuah realita bahwa kesiapan materi harus menjadi salah satu kunci untuk mempersiapkan pernikahan. Materi yang digunakan bukan hanya pada saat pesta pernikahan. Yang jauh lebih penting adalah bagaimana setelah akad dan pesta pernikahan tersebut: sandang, pangan, papan, pendidikan, peralatan elektronik dan rekreasi.
Di zaman sekarang, bukan hanya pakaian, makanan dan rumah yang menjadi kebutuhan pokok tetapi pendidikan, transportasi, peralatan elektronik dan rekreasi juga penting untuk menjalani hidup he he he...

Menilik kehidupan masyarakat zaman sekarang yang jauh berbeda dengan zaman dulu, kehidupan manusia semakin maju tetapi juga semakin banyak tantangan dan fasilitas hidup yang harus dipenuhi. 

3. Fisik
Untuk menikah, persiapan fisik juga penting dilakukan karena proses pernikahan bisa memakan waktu sampai seharian full, dan pasangan nikah dituntut untuk tampil prima (berdiri berjam-jam misalnya). Selain itu, fisik yang prima juga menunjang kehidupan berumah tangga apalagi kalau belum ada asisten rumah tangganya he he he...


Selain hal-hal di atas, untuk persiapan teknis sendiri, kita harus menyiapkan pos budget khusus yang mencakup : dekorasi, dokumentasi, rias / busana, makanan/catering, dll. Ada baiknya tidak usah terlalu royal mengeluarkan uang meskipun acara pesta pernikahan itu sekali seumur hidup, karena masih banyak hal lain yang lebih penting setelah hari H kalian melangsungkan pesta pernikahan.

Nah, khusus untuk pakaian, kalian tidak hanya memikirkan busana pengantin kalian sendiri, tetapi juga menyangkut orangtua, keluarga besar kalian, panitia, pagar ayu-bagus dan among tamu.
Kalian membutuhkan seragam pesta pernikahan yang umumnya menggunakan kain brokat.


Untuk para wanita yang ingin memilih bahan kebaya berkualitas bagus dengan harga terjangkau, silahkan kunjungi :

FB Page Brokat Sangkara

No comments:

Post a Comment