Bawang Bombay dan Daun Salam untuk Osteoporosis

Osteoporosis adalah pengeroposan tulang yang mengakibatkan rasa sakit, ngilu pada penderitanya. Tulang menjadi kurang kuat terutama pada bagian pinggang, panggul dan juga tulang belakang. Osteoporosis sering menyerang orang tua tetapi perlu diperhatikan, resiko osteoporosis semakin besar terjadi pada wanita (apalagi yang sudah mengalami menopause), usia yang makin bertambah, perokok, dan mereka yang sering menjalani pengobatan tertentu secara terus menerus. 

Osteoporosis terjadi ketika pembentukan tulang muda /tulang baru tidak begitu cepat seiring dengan tulang sebelumnya yang sudah bertambah tua. Dikatakan dari beberapa artikel luar negeri, osteoporosis terjadi pada semua ras, tetapi semakin besar pada wanita Asia berkulit putih. Tidak dijelaskan alasan mengapa wanita Asia, terutama yang telah mangalami menopause, yang memiliki resiko besar untuk terkena osteoporosis.

Gejala osteoporosis bervariasi, ada yang mengalami sakit dan ngilu pada tulang belakang, tinggi badan yang berkurang (semakin bungkuknya tulang belakang), tulang yang gampang retak dan sejenisnya. Nah, untuk menambah massa tulang ini, banyak orang mengkonsumsi suplemen kalsium dan vitamin C untuk mengurangi dampak yang lebih buruk dari osteoporosis.

Dari beberapa artikel untuk pengobatan herbal, ternyata ada juga loh bahan-bahan di sekitar kita yang dapat dimanfaatkan sebagai obat osteoporosis, yakni daun salam dan bawang bombay. Nutrisi pada daun salam dapat menjaga kesehatan tulang dan menghindarkan osteoporosis, rheumatik dan sakit tulang sejenis radang sendi. Selanjutnya, bawang bombay mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, dll yang berperan penting untuk penguatan tulang.

Cara meraciknya adalah dengan merebus 7 lembar daun salam dan 1 bawang bombay yang telah diiris tipis, dari takaran 2 gelas air menjadi 1 gelas air. Saringan rebusan tadi dapat diminum setiap hari dan niscaya dapat mengurangi osteoporosis secara signifikan, sama halnya dengan keluhan rheumatik dan arthritis. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment