Makan Buah Pada Saat Perut Kosong - The Right Time to Eat Fruits

Sebenarnya kapan sih saat yang tepat untuk makan buah?
Mungkin banyak dari kita yang masih salah kaprah dengan hal yang satu ini. Kebanyakan dari kita beranggapan bahwa buah tepat dimakan setelah makan, karena berfungsi sebagai pencuci mulut atau ada juga yang berpikiran bahwa sebaiknya makanan utama (nasi dan lauk pauknya) dimakan terlebih dahulu agar tidak kekenyangan karena sudah makan buah sebelumnya.

Nah, ternyata ada beberapa sumber menyatakan bahwa makan buah yang baik adalah 20-30 menit sebelum makan makanan utama / makan makanan lainnya, atau saat perut kosong. Selidik punya selidik, ternyata hal ini berkaitan dengan kelancaran detoksifikasi dalam tubuh. Ya, makanan lain dan buah yang dicerna secara bersamaan justru akan menghasilkan gas, dan berfermentasi menjadi zat asam yang justru mengurangi penyerapan vitamin secara maksimal oleh usus.

Katanya juga nih, makan buah pada saat perut kosong tidak hanya memperlancar proses pengeluaran racun dalam tubuh, tetapi juga memperlambat proses penuaan seperti rambut putih, kebotakan, rasa gugup dan timbulnya lingkaran di bawah mata.

Jangan juga makan buah yang telah dimasak, karena nutrisinya sudah menguap bersamaan dengan panas akibat proses masak tersebut. Terus, jangan suka minum jus buah yang sudah melalui proses ya, seperti jus buah dalam kemasan atau jus buah pinggir jalan yang sudah diberi pemanis buatan. Jus-jus tersebut justru memiliki kandungan vitamin yang kurang dan zat gula berlebih dibandingkan jus segar buatan sendiri (tentunya dengan gula alami ataupun lebih baik lagi tanpa tambahan gula).

Ada juga yang menyarankan untuk makan buah dan minum jus buah segar selama 3 hari berturut-turut untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan lihat perubahan yang terjadi pada fisik kalian..

Maka tak heran ada semacam slogan bahwa makan apel tiap hari menjauhkan dokter dalam hidup. Buah lain punya manfaat banyak juga koq. Kalian bisa dapatkan vitamin C tinggi pada buah jambu biji, antioksidan pada kiwi dan stroberi dan lainnya.. Selamat mencoba!

Kiwi, taken from google images


When is the right time to eat fruits?
Most of us (especially in Indonesia) believe that the right time to eat fruits is after having a heavy meal (or any other kind of meals).
Fruits are considered as a dessert and some Indonesians might think that it'd be better to eat the main menu first before being full, and thus eating fruits can be done right after.

In fact, there are some trusted sources stated that the right time to eat fruits is 20-30 minutes before eating the main food / any other food, or when your tummy is empty.
Eating fruits when your stomach is empty is highly related to the detoxification in your body. Moreover, fruits and other food, when they are digested together, will create gas, and fermented into acid that in turn will diminish the maximum absorption of vitamin.

Eating fruits on an empty stomach is not only important to the detoxification but also in a aging process. It will slow down your aging process such as the premature hair graying, nervous, etc.
It is also best to eat fresh fruit that has no additional process such as bottling juice and any other processed fruits. Try to eat fresh fruits and drink juice 3 days in a row and you will be surprised on how your physic (esp.face) will change!


No comments:

Post a Comment