Manfaat Bawang Merah untuk Membunuh Bakteri

Keluarga bawang memang memiliki manfaat yang besar bagi tubuh manusia. Mungkin selama ini banyak orang yang telah mengetahui kasiat bawang putih. Nah, untuk saat ini, kita akan membahas tentang kasiat dari bawang merah. Bawang merah ga hanya penting sebagai bumbu dapur loh, ternyata di Indonesia, dari zaman dahulu pun banyak menggunakan bawang merah untuk mengatasi demam dan kembung pada anak kecil, dengan cara mengusapkan irisan bawang merah pada perut, punggung dan kepala anak kecil yang sedang sakit tersebut. 

Cara tersebut memang sangat ampuh untuk mengatasi sakit pada anak, dan mungkin ada korelasinya dengan kemampuan bawang merah untuk membunuh/menyerap bakteri dan memberi kehangatan pada tubuh. Hal ini pun sudah diakui secara ilmiah bahwa bawang merah yang telah dikupas dapat menyerap bakteri maupun virus yang ada di sekitar kita. 

Bawang merah yang telah dikupas dapat diletakkan di dekat penderita sakit flu/batuk, dan dapat mempercepat kesembuhannya. Setelah beberapa lama, bawang merah yang telah dikupas  dan diiris akan berubah menjadi kehitaman, tanda bahwa bakteri maupun virus telah diserap oleh bawang merah tersebut. Hal ini lah yang terjadi puluhan tahun silam di suatu negara, ketika terjadi wabah flu yang cukup parah, hanya 1 keluarga yang tidak terjangkit dengan wabah tersebut karena kebiasaan keluarga tersebut untuk meletakkan bawang merah yang telah dikupas di sekitar tempat tidur mereka.

Nah, pada prinsipnya, bawang merah yang telah dikupas juga dapat digunakan untuk membersihkan kulkas yang memang rentan terkena bakteri. Memang dikatakan bahwa kulkas memiliki sistem yang dapat membunuh bakteri dari bahan-bahan makanan yang disimpan. Tetapi, irisan bawang merah juga dapat meyakinkan bahwa bakteri-bakteri yang ada dan berkembang biak di kulkas dapat diminimalisir. 

Dengan demikian, hati-hatilah untuk para ibu yang suka belanja di pasar. Dalam membeli bawang, hendaknya belilah yang masih asli, belum dikupas karena bawang merah yang sudah dikupas menyerap bakteri di sekitarnya. Justru dengan membeli bumbu dapur yang sudah dikupas dengan alasan praktis, akan berdampak buruk untuk kesehatan keluarga

No comments:

Post a Comment