Bahan Brokat Timbul : Chemical / Prada Oki

Brokat chemical atau prada atau disebut juga hoki adalah kain brokat yang sangat timbul, sedikit lebih berat daripada jenis brokat lainnya. Karena teksturnya yang sangat timbul dan berat, otomatis harganya lebih mahal dibandingkan dengan jenis brokat lain pada umumnya. Namun, jika sudah dijahitkan menjadi kebaya maupun atasan model lainnya, brokat ini menambahkan nilai tersendiri bagi pemakainya.

Brokat oki / chemical / prada ini diproduksi dalam bentuk roll. 1 roll biasanya mencapai 100 yard (1 yard = 0.92 cm) untuk 1 warnanya. Di toko kain, kain ini dijual gulungan 15 yard per warna, dan biasanya ditawarkan harga 100-400 ribu per meternya tergantung dari kualitas bahannya. Perlu diperhatikan, bahwa kain ini ada yang berjenis kilap maupun dope / dove (tidak kilap). Besarnya bunga / motifnya pun beragam. Umumnya, semakin tipis dan kecil bunganya, maka harganya semakin murah. Sebaliknya, semakin tebal, rapat dan besar bunganya, maka harganya pun akan semakin mahal.


prada oki lavender dan peach

Untuk warna pun, ada 2 jenis yaitu warna pastel dan warna-warna dominan. Pada umumnya, untuk prada oki, warna pastel yang sering terdapat dalam 1 seri adalah warna krem, abu-abu muda, putih, putih gading / putih tulang, peach dan semacamnya. Sedangkan pada warna-warna dominan, yang sering dijumpai adalah warna biru, merah, hijau, ungu, kuning dan pink. 

Kebanyakan, jenis kain oki prada ini adalah produksi lokal. Meskipun begitu, kualitasnya tetap bagus. Perlu diperhatikan bahwa kadang lebar bidang pada kain prada oki ini bervariasi, ada yang hanya 110cm, ada pula yang sampai 1,5 meter. Semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Tetapi memang disarankan untuk membeli kain dengan lebar bidang yang besar sehingga lebih flexible ketika akan dijahitkan menjadi kebaya panjang ataupun dress untuk orang berbadan gemuk.

No comments:

Post a Comment