Kain Brokat Chantily

Kain brokat chantily adalah salah satu jenis kain brokat yang mempunyai tekstur sangat ringan dan lembut. Chantily, sebenarnya diambil dari nama sebuah kota di Perancis, yang merupakan daerah asli penghasil kain brokat yang dulunya menggunakan tangan dan sekarang namanya sudah mendunia: france lace. Secara kasat mata, Chantily mempunyai tekstur yang sedikit menerawang dibandingkan dengan brokat lainnya, karena itu kain ini sangatlah halus dan lembut. Tak heran, kain ini sering digunakan sebagai bahan gaun pengantin.

Di Indonesia, ada sedikit perbedaan mengenai chantily ini. Melihat dari produksi lokal, chantily sering kali dibedakan dengan brokat semi-prancis. Walaupun sama-sama lembut, chantily lokal dapat langsung dibedakan karena umumnya memang sangat ringan, tidak terlalu timbul dan sedikit transparan. 
brokat chantily lokal

Dari gambar di atas, terlihat sekali bukan jika tektur chantily memang terlihat berbeda secara kasat mata dengan semiprancis lokal pada umumnya. Brokat chantily sangat transparan sehingga cocok digunakan dengan bahan furing yang senada dengan brokat chantily tersebut. Bagusnya, brokat ini terkesan ringan sehingga cocok dijadikan bahan dress full atau pun jika digunakan hanya sebagai atasan/bawahan saja.

Di pasaran, brokat chantily dapat dibeli berupa meteran ataupun sudah dalam bentuk potongan mesin / panel. Ukuran panelnya rata-rata memiliki lebar 1,3 meter dengan panjang 2,5-3 meter, hampir sama dengan semi prancis pada umumnya. 

Selain untuk orang dewasa, brokat chantily juga cocok dikenakan pada dress anak-anak. Jika dress anak-anak pada saat ini mayoritas menggunakan tulle, brokat chantily dapat menjadi pilihan karena bahan ini selain ringan juga sangat lembut. Kuncinya adalah, pilihlah warna-warna pastel atau warna-warna ceria sehingga brokat ini dapat menjadi bahan dress yang tepat untuk anak-anak. Jika Anda ingin berpakaian dengan warna-warna senada dengan si kecil, warna pink muda, biru langit, krem, kuning dapat menjadi pilihan yang cocok untuk ibu dan anak. Warna-warna ini selain cocok dengan anak kecil, juga dapat menjadikan kulit lebih cerah bagi sang bundanya. Selamat mencoba brokat chantily!

No comments:

Post a Comment